Rabu, 02 Maret 2011

BAGAIMANA ANDA MENJAGA PELANGGAN ANDA

Mengapa anda perlu menjaga pelanggan :
  1. Salah satu sumber penghasilan pasip income anda adalah adanya banyak pelanggan yang setia kepada anda dan produk anda.
  2. Menemukan pelanggan baru terkadang membutuhkan lima kali waktu, biaya dan energy yang dibutuhkan untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada
  3.  Pelanggan pergi bukan karena tidak puas dengan produk anda. Mereka pergi karena pelayanan anda yang buruk
  4. Ketika orang menerima pelayanan yang buruk, sangat sedikit yang mengajukan keberatan. Kebanyakan mereka hanya menjauh dan pergi ke tempat lain.
  5. Kompetitor selalu berlomba dalam meingkatkan pelayanan kepada pelanggan.
  6. Pelanggan yang setia adalah  pasukan marketing yang handal
  7. Menjaga pelanggan adalah pupuknya dunia marketing… mereka akan tunbuh subur dan berkembang ketika mereka mendapat pupuk yang baik

Bagaimana anda bisa melakukannya :
1.      
  1. Buatlah berkas pelanggan yang berisi nama, alamat telpon hobi, produk yang dibeli  tanggal pembelian
  2. Tetap berhubungan secara berkala dengan telpon  
  3. Tulsikan hal hal yang mereka sukai dalam berkas pelanggan, dan lakukan follow up yang dibutuhkan
  4. Sertakan catatan catatan kecil tulisan tangan anda dalam setiap pesanan ketika pesanan itu dikirimkan.
  5.  Kirimkan kartu ucapan ulang tahun
  6.  Rekomendasikan produk tertentu yang mungkin mereka sukai, berdasarkan informasiyang telah  mereka berikan atau pengetahuan khusus tentang gaya hidup mereka
  7.  Buatlah mereka merasa istimewa dengan cara segera memberitahu mereka , produk produk dan perkembangan baru, sebelum mereka mendengarkan dari orang lain Ketika bisnis anda bertumbuh , sebah bulletin / majalah bisa jadi sarana memebri informasibaru
  8. Jangan melupakan kekuatan dari ucapan terimakasih.

Rencanakan pelayan pada produknya
1.       Kembangkan siklus menelpon sesuaikan dengan masa habis pakai produk anda
  1. Minggu pertama, telpon kembali sang pelanggan dan tanyakan bagaimana pendapatnya mengenai produk yang telah dipakai
  2. Tunjukkan ketertarikan yang tulus, bantulah pelanggan anda menentukan berapa orang dalam keluarga itu yang mengkonsumsi nutrisi / suplemennya dan berapa sering, sehingga anda bisa menghitung seberapa cepat produk akan habis.
  3. Mintalah persetujuan pelanggan untuk memesan produk yang akan habis pakai dalam jangka waktu tertentu. Hal ini sangat penting khuusnya jika anda menjual produk-produk Nutrisi yang bisa dilacak waktu habisnya seperti  (SBMN SKA LCT NCX dll). Demikian juga dengan produk agro komplek
  4.  Jika anda anda telah menjual yang pemakaiannya akan habis, buatlah catatan perencanaan harian untuk menelpon kembali pelanggan anda, dan menawarkan untuk memesan produk yang lain.
  5. Intinya, pastikan anda menelpon secara berkala sehingga pelanggan anda akan terbiasa untuk membeli produk ini dari anda an tidak berpikir untuk membelinya dari orang lain
  6. Ketika mengirim produk, anda membangun bisnis secara berkala. Anda memiliki kesempatan yang sangat baik untuk berbicara dengan para pelanggan mengenai produk lain yang anda jual atau produk yang baru saja diluncurkan, yang mungkin akan sesuai dengan mereka.

Selalu dahulukan pelanggan anda.
Jika mereka membutuhkan produk baru, walau dalam jumlah kecil , lakukan segala hal yang bisa anda lakukan untuk mengirimkannya. sediakan apa yang  pelanggan anda inginkan dan sanggup membayarnya.
Setiap pelanggan membutuhkan perhatian untuk mengembangkan kesetiaan mereka,
Ketahuilah nama,alamat,nomor telepon, keluarga dan ketertarikan pribadi mereka, milikilah daftar produk yang telah mereka rasakan. Sebanyak mungkin anda mengenal pelanggan anda lebih dari penjual lainnya. Gunakan hubungan yang kuat dengan pelangan anda utnuk mengoptimalkankeuntungan ini.
Jangan pernah memperlakukan sebuah penjualan sebagai transaksi yang hanya terjadi satu kali saja. Komisi atas sebuah penjualan biasanya tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan nilai seumur hidup dari pelanggan anda yang terlayani dengan baik.
Misal saja, sebuah produk yang habis dalam waktu 3 bulan akan menghasilkan penghasilan 4 kali  pembelian dalam satu tahun artinya 20 penjualan dalam lima tahun. Setiap pernjualan selanjutnya akan menjadi lebih mudah karena hubungan anda dengan pelanggan tadi telah bertumbuh. Lebih lagi, anda selalu memiliki kesempatanuntuk memperkenalkan produk baru.

1 komentar:

  1. Semangat Pagi,
    Bagus Pak, Kami memang perlu materi seperti ini

    BalasHapus